Selasa, 18 Mei 2010

Yip Man - Master 'Wing Chun Kuen' from China

TwitThis


Yip Man tokoh yang dikenal pada film IP Man yang diperankan oleh Donnie Yen adalah guru kungfu dari legenda kungfu Bruce Lee. Yip Man adalah Legenda Kungfu yang membawa aliran Wing Chun, ia lahir pada 1 Oktober 1893 dan Meninggal Dunia 2 Desember 1972, selama hidupnya ia mendedikasikan untuk mengajarkan Kungfu China. Cerita aslinya mungkin banyak berbeda dengan filmnya, tapi intinya hampir sama.

Yip Man dilahirkan dalam sebuah keluarga kaya dan berpengaruh yang merupakan pemilik peternakan dan dua baris rumah kuno besar sepanjang seluruh sebuah jalan di kota Futshan, provinsi Guangdong. Di tengah perkebunan ini ada kuil leluhur dari klan Yip. Di sanalah Master Chan Wah Shun mengajar Wing Chun Kuen kepada beberapa siswa pilihan.


Banyak hal yang dapat diambil dari seorang Yip Man di film pertamanya. Antara lain :
1. Walaupun beliau termasuk kaum terpelajar dan orang kaya di daerahnya, tapi sikap rendah hati dan mau bergaul dengan masyarakat sekitarnya perlu dicontoh.
2. Beliau tidak menggunakan kekuatannya untuk menyombongkan dirinya.
3. Sikap setia kawan atau membela kawannya ketika mereka di tindas oleh bangsa Jepang, dia berani bertarung untuk membalaskan dendam karena temannya di bunuh oleh Jepang.
4. Yip Man adalah orang yang bijaksana, karena latar belakang pendidikan yang tinggi.
5. Beliau sangat nasionalis, beliau akan melakukan apa saja untuk membela tradisinya.

Ada sebuah perkataan dari Yip Man ketika beliau akan bertarung dengan salah satu Komandan Jepang :
"Bela diri mungkin bentuk kekuatan yang kejam, tapi di sistem bela diri China mempunyai banyak tujuan dan filosofi. Aturan bela diri, yang mana juga rasa iba menolong orang lain, dimana Jepang tak akan pernah mengerti, karena kalian menggunakan kekuatan dan menggantinya menjadi kekuatan brutal untuk mengancam yang lain. Itu sebabnya mengapa kalian tidak sesuai untuk memahami bela diri China."



Yip Man, Sang Master Wing Chun Kuen

0 comments:

Posting Komentar

 

Follow My Journey

free counters

Tempat Ngoprek

Gw juga punya blog yang isinya tentang dunia TI dan sekitarnya...Pada berkunjungnya di Tempat Ngoprek

Hasil Ngoprek

Twitter Blog Templates © Copyright 2011 by My Journey | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks